Kelelawar

kelelawar1

Foto diatas adalah kelelawar yang saya tangkap di daerah Indramayu Jawa Barat, di dalam sebuah gua yang letaknya kurang lebih 15 km ke arah utara dari desa Langut kecamatan Lohbener. Gua tersebut ditemukan tengah hutan jati yang sudah berumur sangat tua dan di dalam gua tersebut juga terdapat sebuah makam kuno yang sangat sangat indah dan unik.

Saya ceritakan sedikit mengenai kelelawar dari beberapa sumber referensi, yang menurut saya kelelawar merupakan salah satu hewan yang unik.

kelelawar2

Sekilas Kelelawar

Informasi yang diketahui sangat sedikit mengenai evolusi kelelawar, karena fosil yang ditemukan 55 juta tahun yang lalu ternyata sudah seperti kelelawar yang ada pada saat ini. Dan kelelawar merupakan jenis mamalia yang dapat terbang dengan sempurna.

Jenis Kelelawar

Kelelawar memiliki spesies yang banyak, menempati urutan kedua setelah mamalia binatang pengerat. Dari 4.000 spesies mamalia, 1000 diantaranya merupakan spesies kelelawar. Untuk mengelompokkannya, kelelawar dibagi menjadi dua kelompok utama yaitu diberi nama “Megachiroptera” dan “Microchiroptera”. Selain itu dapat dikelompokkan berdasarkan makanan dan kapasitasnya. Kelelawar dengan bentangan sayap 2 meter dan berat mencapai 1,5 Kg dimasukkan dalam kelompok Megachiroptera atau terkenal dengan sebutan “Kalong”.

Ciri-ciri kalong adalah matanya besar, karena tidak mempunyai sistem ekolokasi. Menemukan makanan berupa buah-buahan dan bunga-bungaan dengan mengandalkan penglihatan dan penciuman.

Kelelawar Vampire (Desmonus rotundus)

kelelawar3

Menurut penelitian Schutt (1998), kelelawar vampire dapat bergerak merayap menyamping dan mundur seperti layaknya seekor laba-laba. Selain itu kelelawar jenis ini dapat melompat ke udara karena didukung oleh otot tricep sangat kuat dan jari yang panjang sehingga kelelawar ini memiliki kemampuan untuk melompat setinggi 4 kaki ke udara dalam tempo 30 miliseconds.

kelelawar4

Biasanya mereka menghisap darah hewan seperti kerbau, babi dan kuda, rata rata mereka membutuhkan 3 sendok makan darah per-hari.

Pada tahun 1939 seorang peneliti Dr. William Farabee menceritakan pengalamannya ketika melakukan perjalanan di lembah Amazon ia pernah di hisap oleh kelelawar vampire ketika sedang dia tidur. Dan inilah pertama kali diketahui bahwa kelelawar vampire juga menghisap darah manusia.

kelelawar5

Sumber :

Altringham, John D. 1996. Bats, Biology and Behavior Oxford University Press;

McKaig, Angie. 1999. “Vampire Bats” accessed 11/27/99.

Scutt, William. “Vaulting Vampires” March 1998. Discover v. 19, no. 3. P 14.

Iklan

2 Komentar

  1. nurrahman18 said,

    15 November 2009 pada 22:46

    gambare serem…hiii

    • kchihui said,

      26 November 2009 pada 21:18

      hehehe iya… btw thanks ya udah mampir


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: